Selasa, 22 Juni 2010

Guru Bukan Hanya Sekedar Profesi

G
uru bila kita berbicara mengenai profesi guru tentu kita berbicara tentang suatu profesi yang erat kaitannya dengan dunia pendidikan . guru sebagai ujung penentu arah kepribadian bangsa dari seorang guru dapat lahir seorang ilmuan , bangsawan , ahli tata Negara, tapi dari guru jugalah dapat pula lahir seorang teroris, koruptor dan sebagainya .
Dalam dunia pendidikan, keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan. Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri.
Filsofi sosial budaya dalam pendidikan di Indonesia, telah menempatkan fungsi dan peran guru sedemikian rupa sehingga para guru di Indonesia tidak jarang telah di posisikan mempunyai peran ganda bahkan multi fungsi. Mereka di tuntut tidak hanya sebagai pendidik yang harus mampu mentransformasikan nilai-nilai ilmu pengetahuan, tetapi sekaligus sebagai penjaga moral bagi anak didik. Bahkan tidak jarang, para guru dianggap sebagai orang kedua, setelah orang tua anak didik dalam proses pendidikan secara global. Sebelum menetapkan apakah guru dan dosen itu sebuah profesi atau bukan, dan apakah ruang lingkup kegiatan mereka per definisi bisa disejajarkan dengan kegiatan profesi yang lain seperti dokter, guru, wartawan, dan sebagainya; maka ada baiknya dan perlu terlebih dahulu dipahami makna dan pengertian tentang profesi, (sikap) profesional dan (paham) profesionalisme. Profesi adalah sebuah aktivitas kerja tertentu yang hanya bisa dilaksanakan oleh mereka yang memiliki bekal keahlian yang tinggi yang diperoleh melalui sebuah proses yang terseleksi ketat dan berat. Kemudian dengan semangat pengabdian, para pemilik jasa profesi ini akan selalu siap memberikan pertolongan kepada sesama yang tengah dirundung kesulitan ditengah gelapnya kehidupan.
Hendaknya seorang guru bisa menjadi seorang guru yang professional , sekarangkann sudah diterbitkan undang-undang guru dan dosen yang mengatur kinerja guru dan menjamin profesi guru. Seorang guru yang baik harus menjadi seorang guru yang sejati yang bias membawa perubahan pada anak didiknya kepada hal-hal yang baik . jabatan guru bukan hanya sebaagai jabatan atau profesi hendaknya menjadi suatu amanah bagi guru dan yang harus dilaksanakan dan dapat dipertanggung jawabkan . SELAMAT MENJADI GURU SEJATI……!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar