Selasa, 22 Juni 2010

Bencana Lokal Akahkah jadi Bencana Nasional

B
encana , itulah yang sering masyarakat Indonesia alami saat ini . mengingat sekarang musim di Indonesia ini kurang mendukung dan tidak menentu . Akhir –akhir ini sering terjadi banjir dan bencana alam lainnya. Bencana apa saja bisa datang silih berganti tanpa mengenal waktu. Sekarang sudah terbukti kalau gempa bisa terjadi kapan saja dan dimana saja di dalam Ring of Fire. walau di sumbar/padang yang selalu di goyang gempa setiap hari tapi tak disangka2 malah yang besar di Tasikmalaya sampai ke ibukota. maka kita harus selalu waspada. kalau untuk yang berada di dalam gedung bertingkat tipsnya jangan lari ketika gempa karena hanya butuh 10 detik bagi gempa menghancurkan gedung. yg pertama dilakukan adalah berlindung. tempat belindung hindari tangga, tembok dan lantai karena itu adalah yang dulu roboh. cari perlindungan di dekat tiang, kusen pintu, bawah meja yg kuat dll.
Gempa bumi merupakan peristiwa pelepasan energi yang menyebabkan dislokasi (pergeseran) pada bagian dalam bumi secara tiba-tiba. Adanya gempa sering kali tidak terduga .Banyak Pemerintah daerah yang menginginkan penanganan gempa sama seperti penanganan bencana nasional mengingat banyaknya dampak ekonomi akibat gempa daerah itu. Sebelumnya, bencana akibat gempa hanya ditetapkan sebagai bencana daerah.Melihat kerusakan, apalagi di sektor ekonomi terasa sekali, sampai hari ini belum ditemukan jalan keluarnya, kalau tidak bisa menjadi bencana nasional, kita berharap penanganan bencana seperti menangani bencana nasional.
Namun menurut Bandan Nasional Penagnggulangan Bencana (BNPB)suatu bencana dapat digolongkan menjadi bencana nasionla bila memiliki cirri-ciri tertentu. Salah satunya jalan dan infrastruktur rusak total dan bisa berfungsi kembali.tapi menurut saya itu tidak adil karena bangsa Indonesia ini diibratkan satu tubuh bila da bagian tubuh lain yang terluka pastinya kita juga merasakan yang terluka itu .
Dalam hal ini pemerintah harus turun tangan dan segera memberikan kebijakannya jangan hanya diam bahkan saya rasa pemerintah tidak begitu responsive terhadap bencana yang ada . saya himbauan agar pemerintah menjadikan bencana local sebagai bencana nasional bila memenuhi criteria dari Bandan Nasional Penagnggulangan Bencana (BNPB).

1 komentar: