Selasa, 22 Juni 2010

Globalisasi VS Kapitalisme di Tahun 2010

G
lobalisasi istilah itu tentu saja tidak lagi asing bagi kita. Bahkan dampak dari globalisasi sudah bisa kita rasakan , adanya arus globalisai ditandai dengan semakin kaburnya batas antar negara baik dalam bidang politik ,social ,ekonomi maupun budaya . adany aglobalisasi tentu saja membawa perubahan bagi kelangsungan hidup banga Indonesia mau tidak mau bangsa Indonesia harus membuka diri taerhadap dunia luar . apalagi letak Indonesia yag berada ditengah pusat ekonomi dunia , mengharuskan Indonesia menjadi pemeran utama dan sekaligus menjadi pemeran tambahan .adanya Globalisasi tidak bias dihindarkan dari budaya kapitalisme , suatu budaya yang menganggap modal itu adalah segalnya . tentu tidak aneh bila adany globalisasi kita sandingkan dengan budaya kapitalisme. Negara yag ingin bermain dikancah internasional harus memiliki modal untuk itu , baik berupa dana mauupun berupa barang yang bias dijadikan sebagai komoditas ekspor impor.
Di tahun 2010 indonesia mengalami ketidak pastian dalam perekonomiannya .meskipun krisis ekonomi global sudah terlewati , namun Indonesia mesti waspada. Menteri Keuangan sekaligus Menko Perekonomian Sri Mulyani mengatakan ketidakpastian perekonomian di tahun 2010 adalah seberapa cepat dan kuat pemulihan ekonomi akan terjadi. "Pembangunan ekonomi nasional tahun 2010 menghadapi berbagai tantangan dari global dan domestik yang harus kita jawab dengan langkah-langkah tepat, terukur, nyata dan komprehensif/ Kamis (20/8). Walaupun keadaan tidak seperti tahun ini, tapi tahun 2010 masih belum stabil, karena saat ini harga minyak yang masih terus bergerak yang dalam range tidak bisa ada jaminan. Nilai tukar antar negara bergerak cukup dinamis karena belum stabil .
Di atas sudah saya uraikan bahwa andanya globalisasi tidak begitu saja lepas dari budaya kapitalisme. Dengan demikian pemerintah harus mengantaisipasi keadaan ekonomi di tahun ini degan mengandalkan capital ( Modal) . modal disini yang saya maksudkan bukan hanya modal yang berbentuk dana tetapi juga modal yang lain . selain itu pemerintah juga harus membuka kerjasama dengan Negara lain .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar